Goa pindul

Di Gunungkidul memang banyak sekali destinasi wisata yang indah sekaligus sangat menakjubkan yang cocok bagi para traveling. Salah satu destinasi yang ada di Gunungkidul yaiu Gua Pindul. Gua Pindul ini sendiri adalah wisata alam susur Gua dengan aliran sungai  yang ada disepanjang lorong Gua. Gua Pindul ini termasuk salah satu kategori minat khusus yang ada di Yogyakarta. Gua Pindul terbentuk secara alami dan tidak ada campur tangan manusia sedikitpun yang mungkin terbentuk berjuta-juta tahun yang lalu sebelum masehi dan kealamiannya masih dijaga sampai sekarang. Sebelum menjadi obyek wisata, Gua pindul dijadikan tempat untuk beraktivitas warga sekitar, seperti mandi, mencuci pakaian, dikarenakan airnya yang masih bersih dan selalu mengalir yang tak terkontaminasi oleh limbah pabrik dan lainnya.

Aktivitas lainnnya yang dilakukan oleh para warga yaitu memancing, disana banyak ikan yang berhabitat dan warga sekitar mencarinya sebagai lauk makan mereka sehari-hari. Gua pindul ini berasal dari kisah perjalanan utusan dari Panembahan Senopati Mataram yang bernama Ki Juru Mertani dan Ki Ageng Pemanahan untuk membunuh bayi laki-laki dari Putri Panembahan Senopati. Pada saat perjalanan, kedua abdi tersebut sepakat antara satu sama lain untuk tidak membunuh bayi tersebut. Mereka berdua akhirnya pergi kearah timur yang disana adalah daerah Gunungkidul, sementara itu bayi yang dibawa terus menangis, kedua utusan itupun memutuskan untuk memandikan sang bayi. Lalu Ki Juru Mertani naik ke salah satu bukit yang ada disana dan menginjak tanah di puncak bukit.

Kemudian dengan kesaktian yang dimiliki tanah yang diinjak pun runtuh dan membuat sebuah lubang besar dengan aliran air dibawahnya. Sang bayi pun dimandikan di dalam gua di lubang tadi, pada saat dimandikan pipi bayi tersebut terbentur batu yang ada didalamnya. Dalam bahasa jawa terbentur adalah kebendul. Sejak peristiwa itu akhirnya gua itu dinamakan Gua Pindul (Pipi Kebendul). Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di Gua Pindul, yaitu River Tubing Sungai Oyo, Susur Goa Baru, Susur Goa Gelatik, Susur Goa Sriti.

Salah satu kegiatan disana adalah Cave Tubing Gua Pindul. Gua ini memiliki kedalaman air hingga 5-12 meter, panjang sekitar 350 meter dengan lebar hingga 5 meter, dan jarak permukaan air dengan atap gua sekitar 4 meter. Dalam gua ini memiliki 3 zona, yaitu zona terang, zona remang, dan zona gelap. Waktu tempuh yang digunakan untuk cave tubing sekitar 45 menit. Disana kita juga dapat berfoto di dengan latar belakang gua yang menakjubkan.

Apabila anda ingin berkunjung ke Yogyakarta dengan mudah dan hemat, bisa memesan paket wisata jogja di DolanSelalu.

Lokasi Gua Pindul ini sudah termasuk mudah untuk dijangkau oleh para pengunjung karena jalan untuk menuju ke Gua Pindul ini sudah bagus, layak serta cukup aman untuk dilewati, tetapi lokasi Taman Sungai Mudal ini cukup jauh dari pusat kota Yogyakarta. Alamat Gua Pindul ini tepatnya berada di Desa Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

Rute menuju Gua Pindul ini sangat mudah untuk dijangkau. Jika anda dari pusat kota Yogyakarta ke arah timur melewati Jalan KH. Ahmad Dahlan menuju Jalan Pangurakan, lalu jalan terus melewati Jalan Kusumanegara, sampai di perempatan ke arah selatan melewati Jalan gedongkuning, lalu jalan terus sampai di perempatan ke arah timur melewati Jalan Wonosari, kemudian lurus terus melewati Jalan Nasional III, sampai di pertigaan belok ke arah barat kemudian ikuti terus jalan yang ada, sampai di pertigaan ke arah selatan melewati Jalan Nasional III, kemudian jalan terus sampai di pertigaan ke arah timur melewati Jalan Alternatif Karangmojo, lalu ikuti jalan yang ada sampai di perempatan ke arah timur melewati Jalan Goa Pindul pos-2, sampai di pertigaan ke arah timur tetap mengikuti Jalan Goa Pindul pos-2, ikuti terus jalan yang ada hingga anda akan sampai di Gua Pindul.

Jarak dari pusat kota Yogyakarta ke Gua Pindul lumayan jauh yaitu sekitar 41,8 kilometer dan waktu tempuh normal kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja menuju Gua Pindul sekitar 1 jam 21 menit.

Harga tiket retribusi masuk ke kawasan Gua Pindul hanya dikenakan Rp 10.000/orang

Sedangkan untuk biaya parkir di Gua Pindul yaitu:

  1. Sepeda Motor = Rp 2000
  2. Mobil = Rp 5000
  3. Micro Bus = Rp 10.000
  4. Bus = 15.000

Untuk tiket objek wisata telah disediakan berbagai harga yaiu:

  1. Cave Tubing : Rp 40.000/orang
  2. River Tubing Sungai Oyo : Rp 50.000/orang
  3. Susur Goa Baru : Rp 35.000/orang
  4. Susur Goa Gelatik : Rp 30.000/orang
  5. Susur Goa Sriti : 35.000/orang

Fasilitas di Gua Pindul ini sudah lumayan lengkap bagi para pengunjung yang ingin pergi ke Gua Pindul, diantaranya adalah:

 

  • Jaket pelampung
  • Ban karet
  • Jasa pemandu
  • Welcome drink
  • Pelindung kepala
  • Tabung oksigen
  • Rumah Makan
  • Area parkir
  • Penginapan